Memulai Pekerjaan Bagi Fresh Graduate ? Cari Pengalaman Dulu Atau Kejar Gaji Besar ?


Menjalani hidup sebagai seorang fresh graduate memang penuh dilema. Ada banyak hal yang berkutat dalam pikiran seorang mahasiswa yang baru lulus. Kalau kamu mengalami hal tersebut, tenang saja kamu tidak sendiri. Pengalaman ini juga sudah pernah saya alami sendiri.

Mau kerja apa setelah ini ? Milih usaha apa kerja ya ? Kalau mau usaha pasti butuh modal nih, tapi aku belum punya modal apapun. Kalau mau kerja, tapi dimana ? Cukup gak ya buat biaya hidup ?. Yups, ini sepintas suara dan isi pikiran dari seorang fresh graduate. Bagi seorang pewaris memang hal ini tidak menjadi masalah, tapi bagi seorang perintis yang punya cita-cita mengubah nasib dan mengangkat ekonomi keluarga cukup menjadi beban pikiran ya.

Kembali kedalam topik pembahasan. Milih pekerjaan dalam mencukupi kebutuhan hidup terkadang membuat dilema seseorang apalagi bagi yang baru terjun kedalam dunia kerja. Mau memulai pekerjaan dengan gaji yang kecil tapi dekat dengan orang tua + mencari pengalaman atau kejar penghasilan besar dengan cara merantau jauh dari keluarga.

Menurut saya, bagi seorang yang jarang berada jauh dengan keluarga yang mungkin itu sejak kecil, Ada baiknya untuk mencoba mengambik pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggal meskipun penghasilannya bisa terbilang pas-pasan. Tujuannya apa ? Antara lain :

1. Untuk terlebih dahulu mengenal pahit manisnya dunia kerja
2. Menguatkan mental dan fisik ketika diberikan tugas yang bahkan belum pernah dilakukan
3. Belajar mengenali karakter dan kepribadian orang lain yang ada disekitar
4. Melatih kedisiplinan dalam bekerja dan menyelesaikan tanggung jawab
5. Membentuk karakter dan kemandirian dalam mengelola keuangan yang didapat dari bekerja

Setelah merasa cukup dengan pengalaman kerja dan bisa menjalankan tanggung jawab dengan baik, artinya kamu sudah bisa naik grade. Bisa dengan mencari lowongan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar yang tentunya membutuhkan tanggung jawab yang besar pula. Memilih untuk merantau demi mengejar cita-cita membangun ekonomi keluarga merupakan hal yang mulia bagi seorang anak yang mau membantu orang tuanya menjadi tulang punggung. Tetap semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages